PERCERAIAN DENGAN ALASAN KDRT

Perceraian dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain adanya kekerasan yang dilakukan oleh salah satu pihak (suami atau isteri) dalam sebuah perkawinan. Perilaku destruktif dalam rumah tangga atau sering disebut dengan kekerasan dalam rumah tangga seringkali ditemukan di dalam sebuah perkawinan, dan tidak jarang pada akhirnya menjadi sebab terjadinya perceraian. Tindak kekerasan dalam rumah tangga ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor ekonomi, lingkungan, psikologi dan lain sebagainya.

Perkawinan yang dijalani dalam kondisi yang tidak baik apalagi diwarnai perilaku destruktif, jika hal tersebut tidak dapat diatasi maka mempertahankan perkawinan tersebut adalah hal yang sia-sia. Apabila dari perkawinan tersebut terjadi percekcokan terus-menerus, adanya perilaku destruktif sehingga kebahagiaan dan ketentraman tidak dapat terwujud, maka perceraian merupakan sebuah solusi dari problematika rumah tangga yang ada.

Hal tersebut dibahas dalam buku tulisan saya yang berjudul “Hukum Perkawinan, Kajian Perceraian Dengan Alasan KDRT”, ditulis sesederhana dan sesistematis mungkin serta membahas hukum perkawinan secara teori dan praktik, khususnya membahas masalah perceraian dengan alasan kekerasan dalam rumah tangga (KRT).

Kiranya layak dimiliki dan dibaca. Salam. (hmk)

141 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *